Kamis, 02 April 2009

Nglurug Tanpo Bolo...Menang Tanpo Ngasorake !


Nglurug tanpo bolo, menang tanpo ngasorake..... menurut saya, filosofi jawa ini sangatlah dahsyat! memupuk diri, menjadikan jiwa pemberani...sifat pemenang dengan begitu elegan.

Nglurug tanpo bolo : Mendatangi tanpa bantuan >>> artinya "berani menghadapi siapapun, permasalahan apapun tanpa mengharapkan bala bantuan dari orang lain" Semua disandarkan pada kemampuan diri sendiri, perwujudan dari sikap gentleman sejati!

Menang tanpo ngasorake : Menang tanpa menghinakan >>> artinya "menempuh kemenangan dengan cara elegan, tanpa harus mempermalukan lawan yang dikalahkan" Menang dengan berjiwa besar menjadikan si kalah tetap bisa menegakkan kepalanya tanpa harus diselimuti nista dan hinadina!

Kalo boleh direwind, dahulu kala di jazirah arab, ada sesosok manusia buta huruf tapi sangat2 cerdas dan amanah yang bisa dijadikan contoh nyata bagaimana "nglurug tanpo bolo, menang tanpo ngasorake" dilaksanakan. Iya, benar... peristiwa "fathul makkah"! Dimana kabah bisa diambil alih oleh kaum muslimin tanpa harus berdarah-darah, dengan cara sangat mulia dan elegan, bahkan pimpinan jahiliyah pun bisa begitu terpesona dan akhirnya merendahkan diri dan hati untuk bergabung bersamanya.

Masihkan falsafah hebat seperti itu kita jumpai dalam kehidupan keseharian kita kawan?
Jujur....sangat jarang kita temuin lagi seorang juara yang pemberani nan elegan.

Semuanya terasa begitu bangga jika mampu mengolok2 rival...
begitu bahagia jika aib kompetitor tersebar luas menjadi bahan obrolan di setiap sudut jalan..
Mungkin falsafah "sudah jatuh tertimpa tangga" adalah yang paling laris manis menggambarkan pihak yang kalah bersaing dalam kehidupan sekarang ini...

Cara-cara culas nan picik senantiasa berkeliaran demi sebuah "kemenangan semu"...jabatan...kekayan....bahkan wanita???
Bagaimana di perusahaan, di hierarki birokrasi pemerintahan terjadi siasat injak bawah, sikut samping, dan sembah atasan adalah hal yang "dianggap" lazim biasa dan dibenarkan?

Tanya kenapa? Kita semua tahu apa jawabnya....

0 komentar:

Posting Komentar