Kamis, 05 November 2009

Respect The Others



Dunia makin kejam.............!

Semakin susah kita jumpai orang yang saling hormat dan menghargai. Kesewenang-wenangan, arogansi kerap kali dilakukan baik dari orang berkuasa bahkan juga dilakukan oleh orang kecil yang tidak sedikitpun layak untuk berbuat sombong.
Bagaimana bisa orang mengaku rakyat kecil, wong cilik,hidup miskin dan tidak mampu membeli susu untuk anaknya...sedangkan dia hidup dengan merokok? Itu namanya dzalim !!!

Jangankan mengucapkan salam, kepala pun sesegera mungkin dipalingkan tatkala ketemu dengan orang yang kurang beruntung. (lebih lagi berpikiran takut kalo dimintai sedekah).
Betapa arogannya orang tua yang tidak bisa diberikan masukan dari anak muda hanya karena dia merasa lebih tua? sebagaimana bebalnya anak muda atas nasehat dari orang tua sambil bergumam Bapak kolot!

Kemanakah rasa respek itu menghilang?

Aku selalu teringat dengan kemasyuran dan keluhuran budi Imam Hasan al Basri, (semoga rahmat Alloh senantiasa kepadanya). Beliau memberikan ketauladanan yang nyata kepada kita. "Jika beliau bertemu dengan orang yang lebih tua, maka beliau sangat hormat dan segan karena dalam benaknya ( orang ini lebih tua, berarti dia jauh lebih banyak amal kebajikannya dan jauh lebih banyak ilmu daripadanya)" "Tapi apa yang terjadi tatkala beliau bertemu dengan anak kecil atau pribadi yang jauh lebih muda dari dia? Maka beliau akan sangat menghargai dan menyayanginya, karena dalam benaknya ( anak ini lebih muda, berarti dia jauh lebih suci daripadaku karena dia jauh lebih sedikit berbuat dosa dan salah daripada aku )".

Bagaimana dengan kita?
Kita begitu hobby merendahkan, melecehkan orang lain, begitu angkuhnya untuk berani meminta maaf dan mengoreksi kesalahan sendiri...Kita selalu ingin merasa superior dibanding yang lain, trabas sana trabas sini tanpa mengindahkan maqam masing2.
Respect the others, duduk sama rendah berdiri sama tinggi. sapa menanam kebaikan pasti bakal menuai kemuliaan. Hargailah orang lain, karena itu menunjukkan seberapa besarkah engkau menghargai dirimu sendiri !

0 komentar:

Posting Komentar