Jumat, 03 April 2009

Hidup Untuk Berguna !



Ada kalanya kita merasa bahwa apa yang kita alami, kejadian yang berentetan, bahkan apa yang berlaku di diri kita adalah tidak adil dan tidak fair (tentu saja menurut perspektif pribadi kita). Seakan-akan kita ingin berteriak dan menggugat keadilan Tuhan... "Tuhan, tolonglah hambaMu!" "Tuhan, dimana keadilanMu?"

Apakah Tuhan tidak adil? Apakah Tuhan sudah mendzalimi kita?
Kita merasa hidup kita begini-begini aja, statis, gakda perubahan, dan tidak memberikan manfaat bagi yang lain...Salah siapakah?

Manusia adalah makhluk paling sempurna yang telah diciptakan oleh Tuhan, bukanlah malaikat bukan pula jin dan sejenisnya. Manusia dianugerahi akal, ketaatan, begitu pula diselimuti dengan segenggam nafsu. Itulah yang menjadikan manusia begitu sempurna... Tapi kenapa kesempurnaan kita justru terlihat begitu kecil dibanding ketaatan malaikat kepadaNya?

Kita diberikan kehidupan oleh Tuhan untuk maju...!
Hidup adalah "BERGERAK", ada pula jargon hidup adalah perbuatan. Bahkan esensi dinamisnya kehidupan manusia itu sendiri telah di-nas-kan Tuhan dalam coretanNya. Manusia bakal menjadi seonggok daging hidup tanpa makna, menjadi mayat hidup hanya karena dia tidak bergerak dan berubah maju ke arah yang baik. Dalam "Ar Ra'du : 11" "Sesungguhnya Alloh tidak akan merubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri"

Dalam sabdanya Nabi pun pernah berujar "Antum a'lamu bi umuridunyakum"(Kalian lebih mengerti tentang duniamu daripada aku). Nabi membimbing kita untuk berkembang sesuai dengan keahlian kita, disiplin ilmu kita, maupun ladang berkreasi kita. Jika sesuatu diserahkan pada bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya. Oleh sebab itu tiap2 manusia harus menjadi profesional untuk di setiap detil lingkungan kehidupannya. Menjadi komponen yang saling melengkapi dan saling menguatkan satu dengan yang lain dalam bangunan kehidupan .

Jelas sekali bahwa Tuhan dan pembantunya pun mengharap kita bergerak, berusaha...bukan diam membisu tak berarti. Jangan biarkan Tuhan malu karena telah menciptakan kita...! Buktikan kita bisa berubah, bergerak dan berguna, Insyaalloh.

0 komentar:

Posting Komentar