Rabu, 20 Mei 2009

Tipe Pegawai Seperti Apakah Anda?


Tipe pegawai seperti apakah anda?

Saya tergoda untuk menulis ini setelah selesai mengikuti shortcourse tentang "Remuneration Management" yang berlangsung kemarin tgl 18-20 Mei dan diampu langsung oleh ahlinya Mr. Asfar Arief, MBA. Meskipun cuma 2 hari tapi padet bener materinya... dan diharapkan bisa menguasai minimal mengerti seluk beluk tentang remunerasi terkait imbalan atas kinerja atau istilah bekennya pay for performance :D

Yang pada intinya adalah mengukur setiap detil pekerjaan dan pencapaian kinerja dibandingkan dengan reward yang sepantasnya diberikan atas usaha tersebut. Ada berbagai macam teori dan methode yang disampaikan dan banyak digunakan oleh perusahaan berlevel multinasional mulai dari Watson wyatt, FES, CRG, HAY, dst.

Tapi dari sekian banyak penjelasan dan paparan, justru saya tergelitik tentang kriteria pegawai yang disampaikan oleh pak Asfar. Beliau menyampaikan bahwa sebenarnya hanya terdapat tiga tipe pegawai di perusahaan/tempat pemberi kerja yang ada selama ini, yaitu :

1. STAR
---> Tipe pegawai "bintang" maksudnya adalah golongan pegawai ini merupakan asset perusahaan/kantor. Merupakan benchmarking dari perusahaan tersebut, jaminan akan dikenal dan bonafidenya citra perusahaan dimana saja mereka berada.
Pegawai golongan ini bakal dipertahankan oleh perusahaan secara mati-matian, maka wajar jika posisi tawar merka sangat tinggi dengan digaji yan sangat menonjol dibandingkan pegawai yang lain. Perusahaan mencoba memproteksi mereka sekuat mungkin dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan, supaya mereka tidak direbut oleh perusahaan kompetitor yang lain.
Mengingat bergaining power mereka yang cukup tinggi, biasanya mereka seperti "kutu loncat" yang mudah berpindah dari satu perusahaan ke yang lain dimana memberikan penawaran yang terbaik untuk mereka.

2. BACKBONE
---> Tipe "tulang punggung perusahaan" maksudnya adalah golongan pegawai dimana mereka hidup dan mati demi kelangsungan perusahaan, memiliki loyalitas yang sangat tinggi, dan sangat produktif. Mereka lebih mengutamakan pengabdian dan rasa memiliki kepada perusahaan. Mereka bahakan siap menerima pemotongan gaji jika perusahaan merugi dan sebaliknya, yaitu berhak menyandang bonus lebih jika perusahaan meraup keuntungan. Pekerja seperti ini lebih terkesan seperti robot yang tanpa lelah dan tiada henti untuk terus produktif.Hidup dan matinya perusahaan adalah di tangan golongan pegawai seperti ini. Etos mereka sangat tinggi, tetapi kualitas mereka hanyalah untuk di dalam perusahaan. Mereka kurang memiliki bergaining power terhadap perusahaan yang lain. Meskipun tetap saja dimungkinkan mereka dilirik oleh perusahaan kompetitor yang lain, yang mengetahui kualitas kerja mereka.

3. DEADWOOD
---> Tipe "kayu mati" maksudnya adalah golongan para pegawai yang kata-kata sadisnya adalah "Numpang hidup pada perusahaan". Mereka sama sekali tidak produktif tapi keberadaannya dalam segi kuantitas ada dan mereka berhak atas gaji dari perusahaan. Mereka selayaknya benalu, yang hanya bekerja jika disuruh dan itupun hanya sekadar mengerjakan. Tidak memperhitungkan kualitas yang dihasilkan, boro-boro ikut merasa memiliki perusahaan. Saban hari yang mereka kerjakan hanyalah absen di pagi hari, selama jam kerja entah kualitas apa yang dihasilkan tidak terdeteksi, dan menghabiskan waktu untuk menunggu absen pulang di sore hari. Keberadaan mereka tidak memberikan hasil positif terhadap kualitas perusahaan, dalam artian ada atau tidaknya mereka, tidak mempengaruhi perusahaan. yang jadi masalah adalah, mereka pegawai perusahaan dan berhak atas gaji, sementara perusahaan tidak begitu mudah untuk memberhentikan mereka.

Nah, tipe pegawai seperti apakah kita? :D
Kita sebaiknya jujur terhadap diri sendiri dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik di setiap detil bagian peran dalam kehidupan ini.

4 komentar:

the color of my life mengatakan...

:f
Semoga kita semua termasuk golongan yang pertama yah... :))

de Messenger mengatakan...

kalo aku jelas tipe star :$

Kiki mengatakan...

sayangnya saya bukan pegawai teladan :o :!

Dani Wahyu mengatakan...


Thanks infonya. Oiya ngomongin karyawan, ternyata ada loh beberapa kesalahan terkait uang yang kerap dilakukan oleh karyawan baru alias yang baru masuk dunia kerja. Wajib dihindari nih guys. Cek di sini ya: Hati-hati, ini 5 kesalahan finansial yang biasa dilakukan karyawan baru

Posting Komentar